Mengatasi masalah 'Device is Overheating' pada Galaxy Note 8.0



Pengguna Tab Samsung Galaxy Note 8.0 dengan android versi 4.4.2 banyak yang mengeluhkan sering munculnya notifikasi yang berbunyi "device is overheating". Notifikasi tersebut tsering membuat khawatir, jangan-jangan bisa meledak? Tak hanya itu, ternyata kejadian ini juga menurunkan performa dari HP itu sendiri. Apa yang terjadi jika smartphone Anda overheating? Dari beberapa literatur yang saya baca, ketika smartphone android kita mengalami overheating maka sistem akan secara otomatis mematikan beberapa aplikasi yang berjalan di background android. Maka yang kita rasakan adalah android kita akan terasa cukup berat meski hanya untuk beberapa saat. Saya merasakan sendiri kejadian tersebut dan cukup mengganggu.

Lalu apa sih penyebabnya?

Dari hasil obrak-abrik beberapa forum di internet, banyak yang mengatakan bahwa masalah itu timbul karena versi android 4.4.2 yang beredar saat ini terdapat bugs, tetapi secara khusus terjadi di Galaxy Note 8.0. Bugs yang muncul adalah pada kalibrasi sensornya. Hal ini menyebabkan kesalahan pembacaan suhu dan status baterai dari smartphone kita. Meski demikian, pihak samsung tetap berpendapat tidak ada bugs di versi 4.4.2.

Dampak lain?

Selain bikin lemot, ada dampak lain dari bugs ini yaitu kalibrasi baterai yang kurang tepat. Berdasarkan pengalaman saya, baterai note 8.0 bisa tiba-tiba penuh dan tiba-tiba habis. Saya pernah mengalami baterai habis hingga 0%, namun ketika saya charge status baterai tiba-tiba sudah hampir penuh (sekitar 80%). Dampak berkepanjangan akan menimbulkan kerusakan baterai. Sebagai user kita hanya tahu status baterai dari apa yang ditampilkan  di layar. Jika pembacaan status baterainya salah, maka kita juga memperlakukan baterai tersebut pasti secara salah. Bisa jadi baterai itu kosong tapi terlihat penuh sehingga kita tidak segera mengisi baterainya, atau sebaliknya sehingga menimbulkan kerusakan.

Cara mengatasi 

Jika kamu mengalami masalah seperti ini, jangan buru-buru dibawa ke service center. Saya punya pengalaman yang mungkin bisa juga kamu lakukan. Yang saya lakukan hanya mengembalikan semua setting smartphone ke settingan pabrik (factory reset). Analisis dangkal saya adalah bugs ini terjadi karena terdapat proses update dari versi android sebelumnya ke android 4.4.2  dan mungkin saja ada data yang tumpang tindih. Mungkin lho yaa,. 👷

Hasilnya

Setelah beberapa menit proses factory reset, saya mendapati handphone yang benar-benar seperti baru. Kemudian saya dihadapkan pada beberapa settingan awal seperti pilihan bahasa, wilayah waktu, dll. Singkat cerita, percobaan saya berhasil. Tidak muncul lagi notifikasi hanndphone kepanasan. Alhamdulillah ☺


Buat kamu yang punya masalah yang sama, silakan ikuti langkah-langkah berikut :


Step-by-step untuk factory reset Samsung Galaxy Note 8.0 adalah :

1. Backup semua datamu (sms, kontak, aplikasi, data aplikasi, media, dll). Untuk backup sms, kontak, dan aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi SUPER BACKUP. Untuk data lain, kamu bisa lakukan dengan cara menyambungkan Smartphone mu ke komputer dan copy semua file yang ada di HP mu.
2. Cek semua akun mu, pastikan kamu mencatat semua username dan passwordnya. Kamu perlu lakukan ini karena semua data username dan passwordmu yang tersimpan akan hilang. Sehingga kamu harus login ulang nanti.
3. Restart HP dan siapkan jari-jari untuk menekan tombol POWER, VOLUME UP dan HOME secara bersamaan. Tekan dan tahan ketiga tombol tersebut saat layar HP sudah mati.
4. Lepaskan tombol tombol POWER saat icon android muncul,
5. Tekan tombol volume down dan Pilih WIPE DATA/FACTORY RESET, lalu tekan tombol POWER
6. Pilih YES -- delete all user data
7. Android akan menghapus semua data mu,
8. Setelah selesai, pilihlan reboot system now
9. Selesai. restore semua datamu kembali ke HP. Akan lebih baik jika moment ini kamu manfaatkan untuk memilih file-file dan aplikasi- aplikasi yang benar2 kamu butuhkan dan membuang yang sudah tidak perlu (setidaknya yang tidak perlu cukup kamu simpan di komputer). Semakin besar free space di HP mu, maka semakin terasa lebih ngebut.
10. Matikan software auto update untuk menghindari HPmu terupdate secara otomatis ke versi android yang baru. Supaya kamu terhindar dari android version yang masih beta atau belum teruji.


Apa komentarmu? Tulis pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya 😊

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related to Mengatasi masalah 'Device is Overheating' pada Galaxy Note 8.0

0 comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan pesan disini...